Aturan Permainan Papan Morris Sembilan Putra

Nine men’s morris, juga disebut merels atau mills, adalah permainan strategi abstrak yang berasal dari Kekaisaran Romawi. Ini terkait erat dengan permainan papan morabaraba, morris tiga pria, morris enam pria, dan dua belas morris pria.

Pemain: Ini adalah permainan untuk dua pemain.
Peralatan: Papan permainan dan sembilan buah untuk setiap pemain. Catur atau chip poker bekerja dengan baik untuk bidak yang dimainkan, atau Anda dapat menggunakan token serupa.
Sasaran: Tujuannya adalah untuk membuat lawan Anda menjadi dua bagian, atau untuk memblokirnya dari melakukan langkah hukum apa pun.
Setup untuk Morris Sembilan Pria
Papan terdiri dari tiga kotak konsentris, dengan tiga titik yang ditandai di setiap sisi setiap kotak (dua sudut dan satu titik tengah). Titik tengah sisi yang sama dari ketiga bujur sangkar dihubungkan oleh garis lurus. Dua puluh empat poin ditandai di papan, di mana bidak permainan diatur atau dapat dipindahkan.

Gameplay Morris Sembilan Pria
Gameplay dimulai dengan fase penyiapan. Anda bisa menghapus bidak lawan setiap kali Anda membuat rangkaian tiga bidak dalam satu baris. Karena aturan ini berlaku selama penyiapan dan juga permainan reguler, Anda harus strategis sejak saat pertama permainan. Anda tidak dapat menghapus bagian lawan yang merupakan bagian dari string tiga bagian (atau gilingan) kecuali tidak ada bagian lain dari mereka untuk dihapus.

Fase Penyiapan: Pemain bergiliran meletakkan bidak mereka di titik kosong. Anda masing-masing memiliki sembilan bidak, jadi Anda memilih di antara 24 titik di papan untuk menempatkan bidak Anda. Setiap pemain bergantian menempatkan bidak. Di sinilah Anda harus menggunakan strategi, melihat di mana lawan Anda menempatkan bidak dan di mana akan menguntungkan bagi Anda untuk menempatkan bidak Anda. Anda ingin memblokir lawan Anda dari membuat rangkaian tiga bidak dalam satu baris, atau mereka akan dapat menghapus salah satu bidak Anda. Anda juga mencari peluang untuk membuat rangkaian tiga bagian dalam satu baris.

Fase Reguler: Setelah semua 18 bagian telah ditetapkan, fase reguler dimulai. Pada fase ini, giliran terdiri dari menggeser sepotong sepanjang garis ke titik kosong.

Setiap kali seorang pemain membuat rangkaian tiga bidak dalam satu baris, mereka segera menghapus salah satu bidak lawannya. (Ini bisa terjadi selama fase penyiapan atau fase reguler.) Bidak lawan yang merupakan bagian dari senar tidak boleh dilepas kecuali tidak ada bidak lain yang tersedia.

Catatan: Menggeser sepotong satu ruang pada satu putaran, lalu kembali ke ruang aslinya pada putaran berikutnya adalah urutan yang sah.

Dalam variasi umum, setelah pemain hanya memiliki tiga bidak tersisa, mereka dapat memindahkan bidak ke posisi kosong mana pun di papan dan tidak hanya ke posisi kosong yang berdekatan.

Memenangkan Sembilan Pria Morris
Pemain pertama yang membuat lawannya menjadi dua bagian atau memblokir lawannya dari melakukan gerakan yang sah adalah pemenangnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*