Bagaimana Melakukan Skakmat Lawan Dalam permainan catur

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan permainan catur Anda adalah dengan mempelajari pola-pola umum yang sering muncul dalam permainan. Dengan membuat pengenalan pola ini, Anda akan mulai melihat lebih banyak kemungkinan dalam game Anda. Setelah Anda mengenali pola sederhana dalam posisi yang lebih rumit, Anda akan segera mempelajari cara melakukan skakmat dan menyelesaikan kemenangan.

Pola skakmat berkembang dengan potongan-potongan tertentu yang siap di papan seperti ratu yang berbaris dengan benteng, uskup, atau ksatria dalam formasi tertentu atau konfigurasi uskup dengan uskup atau ksatria lain.

Baca terus untuk skakmat dasar yang disajikan sebagai masalah mate-in-one; jika mau, Anda dapat mencoba mencari skakmat di setiap diagram terlebih dahulu, lalu membaca penjelasan dan jawaban di bawah untuk melihat apakah Anda benar.

Sekakmat Dengan Dua Bagian Utama (Benteng dan Ratu)
Contoh pertama kami menggunakan ratu dan benteng bersama untuk memberikan skakmat. Namun, pola yang sama ini dapat dicapai dengan dua bagian utama.

Seorang raja tunggal di tepi papan mudah diskakmat oleh dua bidak utama mana pun. Sementara satu bidak mencegah raja menjauh dari tepi, bidak lainnya dapat pindah ke peringkat atau barisan yang sama dengan raja untuk memberikan skakmat.

Dalam contoh di atas, Benteng Putih berpatroli di peringkat ketujuh, mencegah Raja Hitam turun dari peringkat kedelapan. Karena benteng sudah melakukan pekerjaan yang baik untuk menahan raja, ia bisa tetap di tempatnya. Sebagai gantinya, bergerak Qa8++ menyelesaikan permainan catur , saat ratu dan benteng bergabung untuk mengambil setiap kotak tempat raja mungkin melarikan diri.

Sekakmat Pangkat Belakang
Sekakmat peringkat belakang mungkin tidak terlihat seperti contoh pertama kita, tetapi polanya sangat mirip. Meskipun kita masih akan menggunakan bidak utama untuk mengirimkan skakmat di tepi papan, kali ini, bidak raja sendiri mencegahnya kabur dari serangan kita.

Diagram di atas adalah contoh tipikal dari back-rank mate. Raja Putih terjebak di belakang pionnya sendiri dan karena itu tertahan di peringkat pertama. Hitam dapat memberikan skakmat dengan memainkan Rc1++.

Pasangan peringkat belakang mudah dilihat, tetapi dalam kebanyakan kasus, mereka juga mudah dicegah. Secara umum, hal itu terjadi hanya ketika seorang raja telah melakukan rokade, terlalu sedikit pembela di barisan belakang, dan pion di depan raja yang dikastel belum dipindahkan.

Ada beberapa cara agar tidak menjadi korban back rank mate. Menjaga pertahanan yang cukup di barisan belakang Anda akan mencegah bidak musuh menyerang raja Anda dengan aman. Selain itu, jika Anda khawatir dengan ancaman teman berpangkat belakang, Anda selalu dapat memindahkan salah satu pion untuk memberikan petak pelarian kepada raja Anda. Misalnya, jika langkah Putih pada diagram di atas, memainkan h3 akan mencegah skakmat, karena raja sekarang dapat pindah ke h2 jika Hitam memainkan Rc1+ pada langkah selanjutnya.

Sekakmat Ratu dan Ksatria
Ratu adalah bidak penyerang yang kuat, tetapi biasanya membutuhkan bantuan untuk memberikan skakmat. Banyak skakmat dasar menggunakan ratu untuk mengirimkan skakmat, didukung oleh bidak kecil.

Diagram di atas menunjukkan seorang ratu dan seorang ksatria bekerja sama untuk melakukan skakmat terhadap seorang raja. Putih dapat menyelesaikan tugasnya dengan memainkan Qe7++.

Meskipun contoh ini disederhanakan, ini mengilustrasikan pola skakmat penting yang dapat digunakan dengan ratu bersama dengan bidak pendukung. Melawan raja yang tersangkut di salah satu tepi papan, seorang ratu — didukung oleh bidak lain — ditempatkan tepat di depan raja itu akan selalu memberikan skakmat, asalkan tidak dapat ditangkap oleh bidak selain raja.

Pola ini berhasil karena ratu mengambil setiap petak yang mungkin menjadi tempat raja melarikan diri. Misalnya, pada diagram di atas, ratu Putih di e7 menyerang d8, e8, f8, d7, dan f7, artinya raja Hitam tidak punya tempat untuk lari. Tidak ada kotak antara ratu dan raja, jadi tidak ada peluang untuk memblokir cek. Ratu didukung oleh seorang ksatria, artinya raja tidak dapat menangkap ratu. Hitam juga tidak memiliki bidak lain yang dapat menangkap ratu; tanpa ada cara untuk menghindari penangkapan, raja Hitam diskakmat.

Skakmat Ratu dan Uskup
Uskup dapat memainkan peran pendukung ratu yang mirip dengan ksatria pada contoh sebelumnya. Saat ratu mengantarkan skakmat, uskup dapat mendukung ratu dari jauh.

Pada diagram di atas, Putih memiliki benteng yang menjaga peringkat pertama, membuat rekan peringkat belakang tidak mungkin untuk saat ini. Namun, kedua bidak Hitam ditempatkan pada diagonal panjang a8-h1, yang seharusnya memberi kita petunjuk bagaimana kita bisa menyerang raja Putih.

Benar saja, langkah skakmatnya adalah Qxg2++. Raja terjebak, dan tidak dapat menyerang ratu karena dipertahankan oleh uskup.

Dua Uskup Sekakmat
Potongan-potongan kecil juga dapat menghasilkan skakmat sendiri. Sepasang uskup dapat bekerja sama secara efektif; karena masing-masing dapat menjadi dominan pada kotak dengan satu warna, bersama-sama mereka dapat mendominasi seluruh papan.

Pada diagram di atas, raja White berada dalam posisi genting. Pionnya mencegahnya naik ke h2, sementara uskup persegi gelap Hitam menghentikannya berjalan ke g1. Saat ini, satu-satunya kotak amannya terletak pada diagonal kotak cahaya, dan satu serangan di sepanjang garis itu akan menimbulkan bencana. Hitam dapat memberikan skakmat dengan memainkan Bd5++

Dua uskup sekakmat
Ilustrasi: Spruce / Tim Liedtke
Uskup dan Ksatria Skakmat
Seorang uskup dan ksatria juga dapat bekerja sama untuk mengamankan skakmat, meskipun mereka mungkin memerlukan sedikit bantuan untuk melakukannya — baik dari bidak mereka sendiri atau dari beberapa pembela yang ditempatkan dengan nyaman.

Diagram di atas menunjukkan seorang uskup dan ksatria bekerja sama untuk menjebak raja yang dikurung. Potongan White sendiri memblokir sebagian besar kotak pelarian potensial rajanya, sementara uskup Hitam yang ditempatkan dengan baik menghilangkan g2 dan h1. Karena raja Putih tidak memiliki cara untuk melarikan diri, pemeriksaan oleh kesatria Hitam pasti akan menjadi akhir bagi Putih.

Hitam menyelesaikan permainan catur dengan memainkan Nh3++, menskakmat raja Putih.

Uskup dan ksatria skakmat
Ilustrasi: Spruce / Tim Liedtke
Skakmat Raja dan Gadai
Bahkan anggota terkecil dari pasukan catur dapat berpartisipasi dalam skakmat raja musuh. Dalam situasi yang tepat, pion bisa menjadi penyerang yang sangat berbahaya.

Diagram di atas menunjukkan posisi endgame di mana pasangan seperti itu dimungkinkan. Raja Hitam melakukan yang terbaik untuk mencegah Putih mempromosikan pion tetapi mendapati dirinya terjebak di d8 tanpa tempat untuk lari. C7 ++ sederhana mengakhiri permainan catur, dengan raja Putih mendukung bidaknya cukup untuk skakmat raja Hitam.

Raja dan pion skakmat
Ilustrasi: Spruce / Tim Liedtke
Teman yang tercekik
“Smothered mate” terjadi dalam kasus-kasus di mana seorang raja dilindungi dengan sangat baik demi kebaikannya sendiri. Bahan-bahannya sederhana; seorang raja (biasanya di sudut papan) yang sepenuhnya terkubur oleh bidaknya sendiri, diserang oleh seorang kesatria yang dapat melompati para pembela untuk mengancam raja. Karena raja tidak punya tempat untuk lari, hasilnya adalah skakmat.

Biasanya, pasangan yang tercekik membutuhkan pengorbanan dan serangkaian pemeriksaan untuk memaksa lawan menjebak rajanya sendiri, tetapi contoh ini hanya membutuhkan satu gerakan untuk menyelesaikannya. Pada diagram di atas, raja Putih sudah terjebak di h1, karena bidaknya sendiri mencegahnya bergerak ke mana pun. Untuk Black, ini hanya masalah memindahkan kesatria ke kotak yang tepat. Dalam hal ini, langkah yang tepat adalah Nf2++, mengantarkan pasangan yang tercekik.

Skakmat teman yang tercekik
Ilustrasi: Spruce / Tim Liedtke
Pacar Anastasia
Mate Anastasia adalah skakmat yang disampaikan oleh benteng dan ksatria di sepanjang salah satu file benteng (file-a atau file-h). Skakmat ini awalnya terlihat di novel Anastasia und das Schachspiel (atau Anastasia dan Permainan Catur).

Sementara beberapa kombinasi cantik bisa mengarah ke final, jodoh tinggal selangkah lagi di posisi atas. Putih baru saja mengirimkan cek dengan ksatria, menyebabkan Hitam memainkan Kh7 dalam upaya untuk melarikan diri. Namun, Putih dapat menskakmat Hitam dengan memainkan Rh3++. Benteng menyerang seluruh file-h, sementara ksatria Putih mencegah raja Hitam melarikan diri ke g8 atau g6.

pasangan Anastasia
Ilustrasi: Spruce / Tim Liedtke
Pacar Morphy
Teman Morphy, dinamai master Amerika Paul Morphy, menggunakan uskup dan benteng bersama untuk menjebak raja musuh. Seringkali, pola ini terjadi setelah pengorbanan digunakan untuk membuka posisi raja, meski bisa juga terjadi (atau terancam) tanpa pengorbanan materi.

Dalam posisi diagram, raja Hitam terjebak di h8, disematkan oleh benteng Putih dan bidaknya sendiri di h7. Putih dapat memaksakan skakmat dengan memainkan Bf6++ saat tidak ada jalan keluar bagi Hitam.

Skakmat dasar ini, bersama dengan lusinan posisi serupa, adalah sifat kedua dari pemain catur turnamen. Memecahkan ini dan masalah mate-in-one sederhana lainnya adalah cara yang baik untuk melatih otak Anda mengenali posisi-posisi ini ketika terjadi dalam permainan catur nyata. Jika Anda bisa sampai pada titik di mana jawabannya datang kepada Anda secara instan, Anda dapat merasa yakin bahwa Anda tidak akan melewatkan peluang ini di game yang sebenarnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*