Tiebreak Armagedon

422868-best-gaming-abstract-background-images-stock-photos-amp-vectors--adobe-stock.jpg

Tiebreak Armagedon Salah satu bentuk catur yang paling kontroversial dan menarik, tiebreaker Armageddon adalah perkembangan yang relatif baru dalam dunia catur. Metode tiebreak ini muncul sebagai tanggapan atas situasi di mana dasi antara dua pemain harus diputuskan, tetapi memainkan permainan panjang tidaklah praktis. Dengan tiebreak Armageddon, turnamen atau match tie dapat dipatahkan dalam hitungan menit, tanpa risiko seri yang memperpanjang situasi.

Penggunaan tiebreak Armageddon kontroversial, khususnya di tingkat Kejuaraan Dunia; untungnya, dalam acara tingkat tinggi, ini sering digunakan hanya sebagai upaya terakhir, dan tidak ada pertandingan Kejuaraan Dunia yang pernah berhasil mencapai (atau mendekati) tiebreak Armageddon.

Aturan Tiebreak Armagedon
Dalam pertandingan tiebreak Armageddon atau “kematian mendadak”, para pemain pertama-tama menarik undian untuk menentukan warna apa yang mereka inginkan. Spesifikasi yang tepat – terutama dalam hal batas waktu – dapat bervariasi, tetapi struktur umum yang sama selalu ada.

Pemain dengan bidak putih diberi waktu lima menit. Sementara itu, pemain yang mengambil bidak hitam memiliki pengurangan waktu – biasanya empat menit. Namun, pemain dengan Hitam memiliki keuntungan memenangkan permainan (dan dengan demikian pertandingan atau turnamen) jika mereka dapat menahan seri Putih. Variasi mengubah jumlah persis waktu yang diberikan kepada setiap pemain (enam menit vs. lima menit adalah perubahan umum), serta apakah penundaan atau penambahan akan digunakan atau tidak. Misalnya, dalam Kejuaraan Catur Dunia ini, playoff Armageddon akan membuat Putih memiliki lima menit vs. empat menit untuk Hitam, dengan selisih tiga detik yang dimulai hanya setelah 60 gerakan dimainkan.

Alternatif Tiebreak Armagedon
Ada beberapa kerugian yang agak drastis pada format Armageddon. Pemain sering merasa bahwa memberikan peluang undian Hitam terlalu menguntungkan, dan mengakhiri turnamen besar dalam permainan yang dimainkan hanya dalam beberapa menit bisa terasa salah.

Tiebreak Armagedon Salah satu alternatif yang telah digunakan di beberapa turnamen – termasuk edisi Kejuaraan Catur AS, dan Kejuaraan Catur Ekstrim baru-baru ini – adalah sistem untuk terus memainkan permainan sampai seseorang berhasil menang. Dalam peristiwa ini, game awal dimainkan pada kontrol waktu tertentu: sebagai contoh, katakanlah Game/30 dengan selisih lima detik. Setelah memilih warna, permainan dimainkan. Jika salah satu pemain menang, pertandingan selesai.

Tiebreak Armagedon Dalam kasus seri, para pemain segera berganti warna dan memainkan permainan baru, tetapi permainan ini tidak dimainkan pada saat yang sama; sebaliknya, para pemain banyak bermain dengan jumlah waktu yang tersisa di jam mereka, apakah itu 29 menit atau sepuluh detik. Proses ini berlanjut (termasuk memainkan lebih banyak permainan dan membalikkan warna) hingga seseorang memenangkan permainan.

422868-best-gaming-abstract-background-images-stock-photos-amp-vectors–adobe-stock.jpg

Alternatif Tiebreak Armagedon lain adalah membuat sedikit perubahan pada struktur normal Armageddon. Dalam beberapa kasus, penyelenggara telah mencoba untuk menggunakan proses penawaran di mana pemain menawar hak untuk memainkan bidak hitam di tiebreak Armageddon. Pemain “menawar” waktu; pada dasarnya, mereka memberi tahu wasit betapa sedikit waktu yang bersedia mereka luangkan untuk memiliki hak bermain Hitam dan mendapatkan peluang seri. Dalam contoh tiebreak G/30 kami di atas, misalnya, satu pemain mungkin menawar 25 menit, dan yang lain mungkin menawar 23. Pemain kedua kemudian akan bermain Hitam dengan 23 menit pada jam mereka, sedangkan yang pertama akan mendapatkan Putih dengan penuh 30 menit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*