Cara memainkan permainan papan Stratego

Stratego adalah permainan papan klasik Milton Bradley yang dimainkan pada petak 10 x 10. Setiap pemain memiliki sepasukan pion bernilai tersembunyi yang mereka gerakkan untuk merebut bendera pemain lain. Permainan ini dimainkan antara dua orang. Tujuannya adalah untuk menangkap bendera lawan dengan memindahkan salah satu bidak Anda ke bendera lawan.

komponen permainan Stratego
Gim ini terdiri dari papan yang terdiri dari kotak persegi berukuran 10 x 10 dengan dua area yang tidak dapat dilewati di tengahnya. Ada 80 item, 40 untuk setiap pemain, termasuk bendera, enam bom, mata-mata, dan item militer seharga 1 hingga 9. Beberapa versi Stratego yang lebih baru mengubah peringkat, membuat angka yang lebih tinggi menjadi lebih kuat daripada lebih lemah, dan menggunakan puluhan sebagai marsekal. Pastikan untuk memeriksa versi mana yang Anda gunakan saat bermain game.

lagu Stratego
Setiap pemain mengambil semua ubin dengan warna yang sama. Atur bidak Anda secara rahasia sehingga nilainya menghadap Anda dan lawan Anda hanya melihat baju kosongnya. Sesuaikan satu sisi papan dengan menempatkan satu di setiap ruang dalam empat baris terakhir.

Anda perlu mempertimbangkan dengan hati-hati di mana menempatkan bendera dan bom di satu sisi papan.

Setelah kedua belah pihak diatur, pilih pemain pertama Anda dan mulailah.

cara bermain strategi Stratego
Saat giliran Anda, Anda harus memindahkan salah satu bidak Anda. Bendera dan bom sudah diperbaiki dan tidak dapat dipindahkan. Bidak lain dapat bergerak satu kotak ke salah satu dari empat arah (tidak secara diagonal) jika bidak tersebut mendarat di ruang kosong atau tempat di mana bidak lawan berada. Dua formasi air di tengah papan catur adalah rintangan yang tidak dapat diatasi, bukan ruang gerak yang efisien.

Pengintai (dilambangkan sebagai 9 dalam versi aslinya) dapat memindahkan sejumlah kotak dalam garis lurus, tetapi harus berhenti di kotak tempat mereka menghadapi bidak musuh pertama.

Saat Stratego bidak mendarat di tempat yang sama dengan bidak lainnya (disebut “serangan”), nilai kedua bidak tersebut dibandingkan. Bidak berperingkat lebih rendah (bernomor lebih tinggi dalam versi aslinya) dikalahkan dan dikeluarkan dari papan. Jika terjadi seri, ketika bidak menyerang bidak lawan dengan nilai yang sama, kedua bidak tersebut dikeluarkan dari papan.

Jika bidak menyerang bom, penyerang langsung dikalahkan, kecuali penyerang adalah penambang (ditandai 8 di versi aslinya). Dalam hal ini, bom dijinakkan.

Jika mata-mata menyerang Marshall lawan (ditandai sebagai 1 di versi aslinya), Marshall dikalahkan. Mata-mata dikalahkan jika dia menyerang bidak lain atau diserang oleh bidak mana pun, termasuk marshal.

permainan telah berakhir
Anda akan memenangkan permainan jika Anda menyerang bendera lawan dengan bidak apa pun. Jika Anda tidak dapat memindahkan bidak pada giliran Anda, Anda akan langsung kalah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*