Cara Bermain Catur

bermain catur

Bermain Catur,Pikirkan tentang permainan papan favorit Anda. Ketika Anda masih kecil, Chutes and Ladders atau Candyland mungkin berada di daftar teratas, tetapi Anda dengan cepat tumbuh lebih besar dari menggambar kartu dan maju ke seluruh papan. Kemudian, Anda mengambil Monopoli. Ini menyenangkan, tetapi tidak pernah berakhir; dan ada begitu banyak potongan. Pictionary, Trivial Pursuit, dan Apples to Apples adalah game pesta yang hebat, tetapi Anda membutuhkan grup untuk membuatnya sangat menyenangkan. Scrabble itu menantang, tetapi hanya ada begitu banyak cara untuk menggunakan ubin X dan Q; dan selalu ada satu pemain yang mengarang kata-kata.

Kemungkinan besar, sebagian besar keluarga memiliki set catur, bermian catur, dan backgammon 3-in-1 klasik, lengkap dengan papan permainan yang dapat dibalik dan paket catur dan figur catur. Masing-masing permainan ini, dengan sejarah sejak ratusan tahun yang lalu dan di banyak budaya, telah bertahan dalam ujian waktu, tetapi catur menonjol sebagai permainan yang sempurna. Tidak terlalu banyak bidak, hanya dua orang yang bisa bermain, dan kemenangan berbeda setiap saat.

Untuk menjadi sukses dalam catur, Anda hanya perlu memahami permainan dan bermain dengan frekuensi yang cukup untuk dapat meningkatkan strategi Anda. Selain itu, catur adalah penyeimbang yang hebat. Tentu itu dimainkan di panti mewah dan perpustakaan yang sunyi, tetapi lebih sering Anda akan melihatnya dimainkan oleh tua dan muda, kaya dan miskin di taman umum, kedai kopi, dan bahkan ruang perjamuan hotel tempat ratusan orang bersaing secara bersamaan.

Selain itu, strategi dasar bermian catur adalah pelajaran yang dapat membawa kesuksesan dalam hidup. Juara Catur Orinn Hudson, mantan petugas polisi negara bagian, menggunakan catur untuk mengajarkan pelajaran hidup kepada anak-anak yang berisiko. Melalui yayasannya Jadilah Seseorang, dia telah mengajari lebih dari 20.000 anak tidak hanya cara bermain game tetapi juga cara menerapkan aturan dalam kehidupan mereka.

Dia melihat bermian catur sebagai cara yang berharga bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Saat mengajar catur kepada anak-anak, Hudson mengingatkan mereka bahwa mereka semua memiliki sumber daya yang sama (16 buah permainan); sukses adalah bagaimana Anda menggunakannya.

Catur penuh dengan gerakan yang benar. Belajar memainkannya dengan baik membutuhkan waktu dan kesabaran, tetapi begitu Anda memahami peran masing-masing bagian dan belajar berpikir secara strategis, Anda akan memahami daya tarik lama dari permainan ini.

Sebelum kita berbicara tentang apa itu gerakan bermian catur yang benar, mari kita lihat sejarah permainannya.

Karena ksatria, benteng, raja, dan ratunya, Anda mungkin mengira catur dimulai pada abad pertengahan. Namun sebenarnya, game ini berakar di India yang diyakini telah dimainkan sejak tahun 300 M. Game orisinal ini, bernama bermian Caturanga, membutuhkan empat pemain. Tetapi papan (64 kotak), bidak (Rajah atau pion, kapal, kuda, gajah) dan gerakannya mirip dengan permainan modern [sumber: The Chess Page].
Chatrang adalah nama yang diberikan untuk permainan tersebut ketika muncul di Persia pada tahun 600 M. Dari sana ia menyebar di sepanjang rute perdagangan Jalur Sutra ke Arab dan Byzantium. Chatrang diyakini telah mencapai Eropa pada abad ke-8 ketika bangsa Moor menginvasi Spanyol. Dari sana menyebar ke seluruh Eropa, dan kemudian Spanyol membawanya ke Amerika di mana ia menyebar ke seluruh benua.

Sepanjang sejarah, variasi permainan telah berkembang berdasarkan di mana dan kapan ia tiba. Catur Bizantium dimainkan di papan bundar; papan catur yang digunakan di Jerman mulai abad ke-13 berukuran 12 kotak kali delapan kotak dan memiliki tiga bidak tambahan.

Dengan dasarnya pada bermian catur versi India, Cina dan Jepang mengembangkan versi permainan mereka sendiri, yang keduanya masih dimainkan sampai sekarang. Di Siang K’i, permainan Tionghoa, papan memiliki kisi berukuran lima kali sembilan di setiap ujungnya (satu hijau dan satu merah), dipisahkan oleh parit. Pemain bergerak di persimpangan tanda grid dengan tujuan menempatkan angka peringkat tertinggi, dalam hal ini jenderal, di cek.

bermian Catur versi Jepang, yang disebut Sho-gi dimainkan pada kotak sembilan kali sembilan. Setiap pemain memiliki 20 bidak permainan dengan nilai dan kemampuan bergerak yang berbeda, tetapi semua 40 bidak memiliki warna yang sama. Bidak lawan dibedakan satu sama lain dengan arah yang mereka tuju, yang secara alami mengarah pada seperangkat aturan yang unik untuk versi gim ini [sumber: The Chess Page].

Dengan beberapa pengecualian, bermian catur modern, permainan yang dimainkan di seluruh dunia saat ini, mirip dengan versi kuno yang dimainkan di India. Pada abad ke-15 dan ke-16, sang ratu memperoleh kekuatan yang signifikan dengan kemampuannya untuk bergerak ke segala arah. Aturan yang disebut “castling” diperkenalkan untuk melindungi raja. Tapi, itu terlalu cepat. Bagian selanjutnya akan menjelaskan aturan mainnya.

Gajah dalam bermian catur versi India dan ksatria dalam permainan Barat mencerminkan budaya yang berbeda. Selain perbedaan karakter, hingga pertengahan abad ke-19, karya-karya tersebut juga menunjukkan perbedaan kelas. Potongan permainan pemain kaya berat dan berornamen, sementara semua orang menggunakan balok kayu yang tingginya bervariasi. Pada tahun 1847, John Jaques merancang bidak yang kita kenal sekarang, menempatkan simbol yang mewakili karakter di atas tumpuan dengan ketinggian berbeda [sumber: Catur – Panduan Online].

Meskipun merupakan permainan kuno, bermian catur saat ini dinikmati dengan cara paling modern. Pemain dapat bersaing melawan lawan di seluruh dunia melalui komputer dan mereka bahkan dapat bermain melawan komputer. Sejarah catur dibuat pada tahun 1997, ketika sebuah komputer bernama Deep Blue 2 mengalahkan pemain terbaik dunia Garry Kasparov [sumber: Chess – Online Guide].
Catur adalah permainan strategi untuk dua pemain. Tujuannya adalah untuk menyerang raja lawan, dan mengendalikannya. Ini berarti raja tidak bisa bergerak tanpa ditangkap.

Aturan mainnya didasarkan pada bidak, setengahnya berwarna hitam dan setengahnya lagi berwarna putih. Benar, produsen game, yang bergerak dalam bisnis kesenangan, membuat game dengan warna non-tradisional dan mengganti potongan game yang khas dengan karakter lain, tetapi untuk tujuan artikel ini, kami akan menggunakan warna standar.

Papan catur memiliki 64 kotak yang warnanya bergantian dari hitam (atau gelap) menjadi putih (atau terang) di delapan baris. Baris horizontal disebut peringkat dan diidentifikasi dengan angka (1 hingga 8) dan baris vertikal adalah file, diidentifikasi dengan huruf (A hingga H). Sebuah huruf dan angka mengidentifikasi setiap kotak. Empat kotak di tengah papan (posisi E-4, E-5, D-4, D-5) adalah yang paling kritis dalam hal mengontrol dan memenangkan permainan.

Setiap pemain mulai dengan 16 bidak permainan, semuanya hitam atau putih, termasuk delapan pion, dua benteng, dua ksatria, dua uskup, seorang raja dan seorang ratu. Kedua pemain menempatkan bidak permainan mereka di papan dengan urutan yang sama. Cara untuk memastikan bahwa papan menghadap ke arah yang benar adalah dengan mengingat “putih di kanan”, yang berarti harus ada kotak putih di sudut paling kanan Anda.

Untuk memastikan Anda menempatkan bidak secara berurutan di sepanjang barisan belakang, ingatlah bahwa bidak menjadi lebih tinggi saat Anda bergerak ke dalam. Benteng, atau bidak yang terlihat seperti kastil, masuk ke sudut; ksatria, bidak yang terlihat seperti kuda, menempati ruang di sebelah benteng; dan, dua uskup duduk di kotak di dalam ksatria. Anda memiliki dua ruang dan dua bagian tersisa. Ingat, sang ratu selalu menggunakan warnanya sendiri. Cara cerdas untuk mengingat peraturan ini adalah bahwa “gaun ratu harus selalu cocok dengan sepatunya”. Masing-masing dari delapan kotak di baris atau peringkat berikutnya memegang bidak.

Tujuan catur adalah untuk menangkap raja lawan, tetapi karena sebenarnya menangkap raja bertentangan dengan aturan permainan, pemain mengincar skakmat. Kedengarannya membingungkan? Itu — pada awalnya. Pikirkan permainan sebagai pertempuran. Semua bidak Anda bekerja untuk menangkap atau mengeluarkan bidak lawan dari papan dengan berpindah ke kotak yang mereka tempati. Dengan menangkap bidaknya, rajanya menjadi lebih rentan dan terbuka untuk diserang. Sementara itu, Anda juga harus mempertahankan raja Anda dan menyelamatkan bidak Anda sendiri agar tidak ditangkap.

Di sinilah strategi berperan.

Saat bidak Anda berada di posisi di mana langkah Anda selanjutnya adalah menangkap raja lawan (jika diizinkan), Anda dapat mengontrolnya. Sekarang lawan Anda harus bergerak untuk menyelamatkan rajanya atau membuatnya lepas kendali. Jika raja terjebak dan tidak memiliki cara untuk melarikan diri, itu disebut skakmat dan Anda menang.

Setiap bidak diberi poin, dan ada aturan tentang bagaimana bidak itu bisa bergerak di sekitar papan. Nilai poin yang diberikan pada masing-masing bidak hanya untuk menunjukkan kekuatannya dalam hal bagaimana bidak tersebut dapat bergerak. Di akhir permainan tidak ada penjumlahan poin berdasarkan bidak yang telah Anda tangkap. Pemenang dinyatakan karena telah menjebak raja lawan, dengan kata lain telah skak mat.

Potongan Catur
Setiap bidak catur memiliki kemampuan pergerakannya masing-masing. Itu juga diberi nilai poin, yang hanya menunjukkan kekuatannya. Pemain pemula cenderung berfokus pada arah bidak bergerak, tetapi hal itu segera menjadi kebiasaan, dan pemain mulai melihat bidak dalam hal bagaimana mereka dapat menyerang lawan mereka. Mampu memvisualisasikan dan menyusun strategi adalah kunci untuk memenangkan permainan. Mari kita lihat bidak-bidak tersebut secara berurutan di papan catur, mulai dari posisi A-1.

Benteng, yang terlihat seperti kastil, bernilai lima poin. Ia memiliki kemampuan untuk bergerak di sepanjang barisan dan file dalam garis lurus. Itu tidak boleh melompati bagian lain atau berbagi ruang dengan bagian lain dengan warna yang sama. Tapi benteng bisa menangkap bidak lawan dan mengeluarkannya dari papan. Benteng dianggap sebagai bidak jarak jauh yang bergerak ke arah salib [sumber: Andrews].

Ksatria, yang terlihat seperti kuda, memulai permainan antara benteng dan uskup. Meski hanya bernilai tiga poin, kekuatannya terletak pada caranya bergerak. Ksatria bergerak dalam bentuk L di atas tiga kotak. Dengan kata lain, ia menggerakkan dua ruang dalam satu arah, berputar dan bergerak satu ruang lagi. Meskipun menempuh jarak yang lebih pendek, mereka dapat mengubah arah, yang sangat membantu dalam menangkap bidak lawan. Jika seorang kesatria memulai di kotak terang, dia akan berakhir di kotak gelap dan sebaliknya [sumber: Andrews].

Uskup, bagian atasnya dengan mitra, bernilai tiga poin. Itu hanya bisa bergerak secara diagonal dan terbatas pada warna di mana ia dimulai. Uskup juga tidak diperbolehkan untuk melompat, tetapi mereka dapat menangkap dan mengambil bidak lawan. Uskup dapat menempuh jarak yang sangat jauh dalam formasi X [sumber: Andrews].

Ratu, yang sedikit lebih pendek dari raja, adalah bidak paling kuat dan bernilai sembilan poin. Dia memiliki kemampuan untuk bergerak ke arah yang sama dengan benteng dan uskup. Meskipun dia mungkin tidak melompati bidak lain, dia dapat bergerak ke delapan arah berbeda menjadikannya penyerang paling kuat [sumber: Andrews].

Raja dianggap tak ternilai nilainya, namun tidak sekuat ratu. Meskipun dia bisa bergerak ke segala arah, dia hanya bisa bergerak satu kotak dalam satu waktu. Dia tetap di papan sepanjang permainan dan tidak boleh ditangkap. Dia adalah targetnya dan ketika dia terancam atau diserang, dia dalam pengawasan dan harus bergerak untuk menyelamatkan dirinya sendiri. Ketika seorang raja tidak dapat melarikan diri atau lepas kendali, permainan berakhir [sumber: Andrews].

Terakhir, setiap pemain memiliki delapan pion. Mereka berbaris di peringkat kedua dan ketujuh, markas mereka. Meskipun pion masing-masing hanya bernilai satu poin, mereka menempati ruang dan dapat berfungsi sebagai pertahanan. Mereka hanya bergerak satu kotak pada satu waktu dan dibatasi untuk bergerak maju (tidak pernah mundur) sepanjang file. Bidak tidak boleh mengambil bidak di petak tepat di depannya, bidak tersebut mengambil bidak secara diagonal ke depan [sumber: Andrews].

Saat Anda menggerakkan bidak Anda bergerak di sekitar papan, Anda tidak hanya ingin mempertahankan raja Anda, tetapi juga menangkap bidak lawan dan menyingkirkannya dari papan.

Sekarang mari kita lihat beberapa aturan permainan itu sendiri.

Aturan dalam bermain Catur
Tidak heran bermain catur bisa tampak seperti permainan yang rumit. Selain aturan dan peraturan untuk setiap bagian, masih banyak lagi yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk dipelajari. Semakin banyak Anda bermain, semakin akrab aturannya. Inilah dasar-dasarnya:

Putih selalu memulai permainan, jadi pemain harus menentukan terlebih dahulu siapa yang akan menggunakan bidak putih.
Tidak seperti dam, tidak ada bidak yang boleh melompat. Satu-satunya yang mendekati adalah ksatria, dan dia benar-benar berbelok.
Pemain tidak diperbolehkan melewatkan giliran mereka atau bergerak dua kali berturut-turut.
Satu-satunya saat Anda dapat “mengambil kembali” suatu gerakan adalah jika Anda menempatkan raja Anda di petak yang tidak aman atau di jalur bidak lawan yang dapat menangkapnya. Lawan Anda harus memberi tahu Anda tentang langkah ilegal Anda dan Anda dapat mengambilnya kembali.
Jika raja Anda sedang diserang atau dalam pengawasan, Anda harus melakukan apa saja untuk menyelamatkannya. Pilihannya adalah memindahkan raja, memblokir raja atau menangkap bidak yang mengancam. Jika Anda tidak dapat melakukan salah satu dari ini, lawan Anda memiliki raja Anda di skakmat dan permainan berakhir.
Bidak hanya bergerak satu petak pada satu waktu kecuali ketika mereka meninggalkan markas di peringkat kedua atau ketujuh. Langkah pertama bisa berupa satu atau dua spasi, tetapi hanya maju sepanjang file.
Jika raja tidak diserang, tetapi memindahkannya ke segala arah akan membuatnya terkendali, maka permainan berakhir seri. Ini disebut kebuntuan.
Untuk game yang sudah ada selama berabad-abad, tidak mengherankan jika game ini juga memiliki beberapa aturan khusus.

Castling – Langkah ini dilakukan di awal permainan untuk menempatkan raja di posisi yang aman. Ini satu-satunya saat Anda dapat memindahkan dua bagian sekaligus, dan ini satu-satunya saat raja dapat memindahkan lebih dari satu petak. Jika Anda telah memindahkan bidak ke papan dan tidak ada apa-apa antara raja dan benteng di barisan depan, Anda dapat memindahkan raja dua kotak ke samping lalu memindahkan benteng ke sisi lain raja. Aturan tentang aturan khusus ini adalah: Anda tidak dapat melakukan cast di luar skak dan Anda tidak dapat melakukan cast melalui skak.
Promosi bidak – Jika bidak mencapai ujung papan lawan tanpa tertangkap, bidak tersebut menerima promosi. Pion dapat dipromosikan menjadi bidak apa pun, biasanya ratu, memberikan pion lebih banyak kekuatan.
En passant — Ini juga berkaitan dengan pion dan artinya “sambil lalu”. Ini adalah yang paling sulit dari tiga aturan khusus. Ini memungkinkan bidak untuk menangkap bidak lawan tanpa mendarat di petaknya. Ini hanya dapat dilakukan jika pion datang dari homebase dan pindah dua petak dan, sementara itu, melewati pion musuh.

Strategi dalam bermain Catur
Secara matematis, hampir tidak mungkin kehabisan langkah catur, karena jumlah kemungkinannya sama dengan 10 pangkat 120. Secara praktis, menang dalam bermain catur melibatkan tiga strategi:

Melindungi rajamu
Menangkap bidak lawan yang melindungi rajanya
Menyerang raja lawan dan menempatkannya dalam skak
Buku, artikel, dan situs Web yang tak ada habisnya dikhususkan untuk strategi catur dan menganalisis permainan dan gerakan paling terkenal dalam sejarah. Intip ke dalam salah satu sumber daya ini dan Anda akan melihat strategi seperti King’s Gambit, Fork Attack, dan Fianchetto, yang semuanya cukup membingungkan bagi pemula.

Sebagian besar ahli bermain catur merekomendasikan strategi dasar berikut untuk pemula:

Jangan terburu-buru bergerak. Luangkan waktu Anda dan pertimbangkan kemungkinan tindak lanjut lawan Anda.
Kastil raja Anda jika memungkinkan untuk menempatkannya di tempat yang lebih terlindungi.
Kontrol bagian tengah papan, untuk menghalangi lawan agar tidak bergerak.
Gunakan semua bagian Anda. Keluarkan mereka dari baris pertama di mana mereka bisa berguna untuk menyerang raja lawan.
Cobalah untuk merencanakan tiga langkah ke depan.
Jangan menyerang sebelum waktunya, itu akan memungkinkan lawan untuk menyerang balik. Bersabarlah dan atur pemain Anda.
Jangan pernah mengorbankan barang berharga Anda untuk salah satu nilai yang lebih rendah.

Catur diakui sebagai olahraga oleh Komite Olimpiade Internasional, dan para pesaing catur harus dalam kondisi prima untuk bermain. Meskipun peningkatan tidak bergantung pada latihan kekuatan fisik, para ahli merekomendasikan melakukan latihan mental berikut untuk meningkatkan permainan Anda:
Seringlah bermain dan pelajari sesuatu dari setiap permainan.
Pelajari aturan, strategi, dan gerakan dengan melihat buku dan sumber online.
Bersenang-senanglah dan jangan berkecil hati.
Ingat: Catur adalah permainan yang menyenangkan. Jika tidak, jutaan orang tidak akan memainkannya selama ribuan tahun.

Seringlah bermain dan pelajari sesuatu dari setiap permainan.
Pelajari aturan, strategi, dan gerakan dengan melihat buku dan sumber online.
Bersenang-senanglah dan jangan berkecil hati.
Ingat: Catur adalah permainan yang menyenangkan. Jika tidak, jutaan orang tidak akan memainkannya selama ribuan tahun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*